Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar rapat koordinasi lintas sektoral, membahas persiapan pengamanan Pilkada 2020.

"Rapat koordinasi lintas sektoral ini sebagai bentuk sinergitas Polres Bangka Tengah bersama pemangku kepentingan untuk mengetahui perkembangan tahapan Pilkada 2020," kata Kapolres Bangka Tengah AKBP Slamet Ady Purnomo di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan peran para pemangku kepentingan, baik pemerintah daerah, TNI, Bawaslu, KPU, partai politik dan lembaga lainnya sangat penting dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi yang aman dan kondusif.

"Dalam rangka menjamin situasi aman dan kondusif selama pelaksanaan Pilkada 2020, harus mempersiapkan kondisi, siap masyarakat, dan siap anggaran dan rapat koordinasi ini merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari penjabaran kerjasama," jelasnya.

Ia menyatakan, bahwa dalam penyelenggaraan Pilkada 2020 di wilayah hukum Polres Bangka Tengah masih terdapat potensi kerawanan yang harus diantisipasi sejak dini.

"Justru itu saya minta kepada seluruh penyelenggara pemilu harus menjaga netralitas, bertindak secara profesional, proporsional, humanis, sesuai prosedur yang berlaku," ujarnya.

Ia juga mengatakan pilkada kali ini sangat berbeda dengan pilkada sebelumnya karena berada dalam situasi pandemi COVID-19.

"Maka tidak hanya persoalan poilitik dan keamanan yang harus kami sikapi, tetapi juga persoalan kesehatan warga," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020