Komando Distrik Militer 0431/Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan 120 orang prajurit untuk ikut berpartisipasi dalam pengamanan pelaksanaan seluruh tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

Komandan Kodim 0431/Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa di Mentok, Jumat, mengatakan jumlah prajurit yang disiapkan sesuai pengajuan ke atasan dan diyakini memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban warga selama pelaksanaan tahapan Pilkada 2020 di daerah itu.

"Nanti akan ada juga bantuan prajurit dari Korem untuk terjun langsung di Bangka Barat," katanya.

Menurut dia, para prajurit yang sudah disiapkan nantinya akan ditugaskan tidak hanya fokus mengawal pelaksanaan pilkada di pusat kota, namun juga akan dikerahkan ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

Pola pengamanan lebih ditekankan kepada seluruh Babinsa yang sudah memahami wilayah, baik itu di kecamatan, kelurahan atau desa untuk memudahkan pemetaan kerawanan dan kemungkinan terjadinya konflik.

"Mereka juga sudah bekerja sama dengan para anggota Bhabinkamtibmas di desa dan kelurahan masing-masing, jika ada hal yang perlu menjadi perhatian khusus langsung dilaporkan agar dapat melakukan pencegahan," katanya.

Ia mengatakan, para prajurit yang akan terlibat sudah diberikan pelatihan pemahaman dan keterampilan agar bisa membantu melakukan pengamanan pelaksanaan pilkada.

"Kita juga sudah ada komunikasi dengan Bawaslu untuk memastikan beberapa batasan yang harus dipatuhi karena dalam hal ini TNI membantu pengamanan agar pilkada bejalan damai, aman, sukses dan sehat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020