Kepala Polda Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan santunan dalam bentuk uang tunai kepada para veteran, perintis Kemerdekaan, janda pahlawan, wredhatama, warakawuri dan Angkatan 45 di Kabupaten Bangka Barat.

"Kegiatan ini kami laksanakan bersama Gubernur Babel guna menjalin silaturahim dengan warga sekaligus membantu meringankan beban para penerima manfaat di daerah itu," kata Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarif Hidayat di Mentok, Senin.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di salah satu rumah makan di Desa Belolaut Mentok tersebut Kapolda Anang Syarif berharap bantuan bisa bermanfaat sekaligus membantu para penerima manfaat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurut dia, pemberian santunan kepada para veteran dan keluarga pejuang tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah diagendakan Pemprov Babel dalam rangkaian peringatan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Untuk tahun ini santunan disalurkan kepada 26 orang veteran dan janda, serta keturunan veteran yang berada di Kabupaten Bangka Barat," katanya.

Selain meringankan beban hidup para penerima, kegiatan itu juga sebagai sarana mengeratkan silaturahim antara para pejabat di tingkat Provinsi Babel dengan para warga yang ada di daerah itu.

Pada kegiatan kali ini, santunan disalurkan kepada 26 orang yang sebelumnya sudah didata petugas, penerima mendapatkan uang tunai sebanyak Rp2.250.000.

Pada kesempatan itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menjelaskan santunan yang disalurkan tahun ini fokus untuk warga penerima yang berada di Kabupaten Bangka Barat.

"Pada tahun-tahun sebelumnya diberikan secara bergilir kepada calon sasaran penerima yang namanya sudah terdata namun belum menerima bantuan dari pemerintah daerah setempat," katanya.

Selain menyalurkan santunan kepada para veteran dan keluarga pejuang, pada kegiatan singkat tersebut Pemprov Babel juga menyalurkan bantuan perlengkapan nelayan kepada kelompok usaha bersama warga nelayan di Bangka Barat.

Kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Kami harapkan bantuan ini bermanfaat, tepat sasaran dan mampu membantu warga keluar dari masa sulit pandemi COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020