Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan tahapan rekrutmen petugas pengawas tempat pemungutan suara (TPS) yang akan bertugas pada Pilkada 2020.

"Untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat 2020, kami membutuhkan sebanyak 400 pengawas, atau sesuai dengan jumlah TPS yang tersebar di enam kecamatan," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Fahlevi di Mentok, Kamis.

Saat ini pihaknya sedang menyebarkan pengumuman tahapan rekrutmen tersebut dengan cara memasang spanduk di seluruh desa/kelurahan dan kecamatan, serta menyebarluaskan melalui portal dan media sosial Bawaslu Kabupaten Bangka Barat.

"Pendaftaran para calon peserta akan dilayani di kantor masing-masing panitia pengawas kecamatan (panwascam)," katanya.

Calon pengawas TPS itu, kata dia, akan diseleksi secara ketat, mulai seleksi administratif hingga wawancara. Hal ini agar mendapatkan pengawas yang terbaik dan memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas, tanggung jawab dalam pengawasan, dan menegakkan keadilan pemilu.

Menurut dia, para petugas memiliki tanggung jawab cukup besar untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020 agar berjalan demokratis dan adil.

"Syarat calon peserta, minimal berpendidikan SMA atau sederajat dan usia minimal 25 tahun," katanya.

Menurut Ketua Bawaslu Bangka Barat merangkap Koordinator Divisi SDM Organisasi, Data, dan Informasi tersebut, setelah seleksi, akan dilaksanakan pelantikan serentak di semua kecamatan sekaligus pembekalan pada tanggal 16 November 2020.

"Waktu pendaftaran, penerimaan, dan penelitian berkas administrasi serta wawancara mulai 3 hingga 15 Oktober 2020," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020