Wakapolres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kompol Faisal F, mengajak masyarakat di wilayah hukum kerjanya untuk kembali menggalakkan sistem keamanan lingkungan (Siskampling) guna mencegah  gangguan kamtibmas.

"Perlunya digalakkannya kembali siskampling di tengah masyarakat,  upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat dan memberikan perlindungan serta pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya pencegahan dan menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas," katanya di Sungailiat, Kamis.

Dikatakan, sistem ini mengedepankan kepedulian kebersamaan dengan membangun sikap kegotongroyongan dengan mengatur kesepakatan jadwal antar warga masyarakat menjaga lingkungan di pos kamling.

"Masyarakat berperan besar dalam mewujudkan kamtibmas terutama di tengah pandemi COVID-19, yang berdampak pada peningkatan angka kriminalitas," katanya.

Baca juga: BNNP Babel musnahkan 2.000 butir ekstasi

Wakapolres berkeyakinan, dengan diaktifkannya kembali siskamling melalui pola roda bergilir akan mampu menekan angka pelanggaran hukum di lingkungan tersebut.

"Semangat kepedulian masyarakat menciptakan keamanan dan ketertiban harus ditubuhkan dengan ketentuan aturan berlaku," jelas wakapolres.

Wakapolres mengimbau, agar masyarakat juga tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan COVID-19, sebagai langkah pertama pencegahan dan memutus rantai menyebaran virus corona.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020