Relawan Peduli Bangsa (RPB) Kabupaten Bangka, Bangka Belitung membagikan 5.000 lembar masker gratis kepada masyarakat di daerah itu guna pencegahan penyebaran COVID-19.

Koordinator kegiatan sekaligus ketua Simpul Babel, Ujang Suprianto melalui siaran pers Senin, mengatakan pembagian 5.000 masker gratis kepada masyarakat sebagai upaya kepedulian relawan dalam dalam pencegahan penyebaran virus jenis baru corona.

"Selain pembagian ribuan masker, kami juga membagikan 1.000 lembar  brosur dan leaflet  berisikan pesan pencanangan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (BPR) yang diselenggarakan serentak seluruh Indonesia," jelasnya.

Ribuan masker dibagikan langsung oleh tim relawan kepada masyarakat atau pengguna kendaraan di jalan raya yang ada disejumlah titik strategis.

Dikatakan, aksi kegiatan kemanusian melibatkan sejumlah organisasi dan lembaga pemerintah seperti, TRC, ,Tagana, PMI, BKPRMi, KNPI, Mahasiswa Stisipol, Laskar Sekaban, Pemuda Pancasila, Relawan Peduli Bangsa, Satpol PP.

"Disampaikan terima kasih kepada BPBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang telah mempercayakan kepada saya sebagai koordinator kegiatan dengan harapan dapat berjalan lancar dan mampu membantu mencegah penyebaran wabah COVID-19, yang diketahui angka kasusnya terus meningkat," katanya.

Ujang Suprianto mengingatkan seluruh masyarakat di daerah itu tanpa terkecuali, untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sebagai langkah dini mencegah serta memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Bulan Pengurangan Resiko Bencana (BPR) 2020 diselenggarakan serentak seluruh Indonesia dengan tema, "Nasional Daerah Punya Aksi".

Sementara Bupati Bangka, Mulkan memberikan apresiasi besar atas kerja dan semangat relawan membantu misi kemanusiaan dalam pencegahan, penanggulangan penyebaran COVID-19.

"Saya memberikan apresiasi besar atas kerja dan semangat relawan oleh Simpul Babel yang semangat membantu penanganan pencegahan COVID-19, serta apresiasi atas laporan kegiatannya yang dilakukan secara rutin," kata bupati.

Sedangkan Sekretaris Satgas COVID- 19 Bangka Belitung, Mikron Antariksa mengatakan kegiatan PRB tahun ini diperingati di tengah pandemi COVID-19.

"Saya berharap, meskipun kegiatan PRB dilakukan dalam kondisi pandemi COVID-19, namun menjadi motivasi besar untuk lebih bersemangat melakukan misi kemanusiaan oleh tim relawan," jelasnya.

Dia mengingatkan agar resiko bencana selain COVID 19 juga harus diantisipasi dan ditanggulangi bersama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020