Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan seluruh rencana lokasi keberadaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020.

"Pemantauan dan peninjauan ke lokasi ini penting untuk persiapan yang kami lakukan untuk pengamanan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada 2020 dan tahapan pascapencoblosan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Senin.

Menurut dia, pemantauan dan peninjauan ke lokasi rencana penyediaan TPS Pilkada 2020 dilaksanakan secara bertahap dengan mengerahkan sejumlah personel Bhabinkamtibmas yang ada di desa dan kelurahan masing-masing.

Pemantauan lokasi itu dilaksanakan dengan melakukan pendataan titik koordinat rencana lokasi TPS, mencatat calon jumlah pemilih, koordinasi dengan perangkat desa guna menyusun potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada 2020.

"Untuk beberapa lokasi terluar, terpencil dan akses jalan sulit sudah kami datangi langsung bersama para pejabat utama di lingkungan Polres Bangka Barat, seperti yang kami lakukan di desa yang berada di perbatasan Kecamatan Tempilang beberapa hari lalu dan terakhir kami datangi langsung lokasi TPS di Desa Airputih," katanya.

Pada saat bertemu langsung dengan warga di desa itu, para pejabat Polres Bangka Barat menggelar sosialisasi guna mengajak warga untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2020 sekaligus menjaga kesehatan diri agar terhindar dari penularan virus corona atau COVID-19.

Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19, menurut dia, membutuhkan penanganan ekstra karena selain untuk pengamanan pelaksanaan pemilu agar berjalan aman, nyaman dan aman juga harus mengedepankan disiplin kesehatan.

"Kami juga mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga kedamaian, situasi kondusif dan kebersamaan, jangan mudah terprovokasi isu yang tidak jelas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020