Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengajak para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu untuk memperluas pangsa pasar dalam memasarkan produk ditengah pandemi COVID-19.

"Pelaku UMKM perlu memperluas dari sisi calon pembeli "market" atau pasar kalau pasarnya sempit namun pelakunya banyak maka akan terbatas dan habis," katanya usai memimpin rapat pengembangan UMKM di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, selain memperluas pangsa pasar pelaku UMKM juga diharapkan untuk terus melalukan inovasi dalam melahirkan produk-produk baru dan unggulan, meningkatkan kualitas dan memperbaiki menajemen usaha.

"Maka sering saya katakan bahwa pandemi adalah potensi bagi orang yang ingin berinovasi tetapi kalau diam maka itu akan menjadi akhir bagi usaha yang digelutnyi," ujar dia.

Pemkab Belitung, kata Isyak, senantiasa memotivasi dan memfasilitasi pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu untuk bertahan dan maju ditengah pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Pandemi melatih mental maka kami akan memfasilitasi mereka (pelaku UMKM) selama mereka ingin maju maka kami akan dorong dan bantu," katanya.

Untuk itu dirinya mendorong beberapa program yang telah disiapkan seperti pelatihan-pelatihan dan layanan konsultasi guna meningkatkan produk.

"Atau misalnya mengakses perbankan dimana sekarang bank sudah menurunkan suku bunga pinjaman jadi istilahnua bukan waktunya meminjam tetapi bersingergi dengan bank agar suatu produk bisa layak jual," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020