Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Alam Beruni, Kabupaten Bangka Belitung, atas nama Aniq Badruzaman (11) mewakili provinsi itu ke tingkat Nasional dalam ajang kompetisi sains nasional (KSN) tahun 2020.

Kepala SDIT Alam Biruni,  Kwinda Oktavianda melalui pesan tertulisnya, Kamis mengatakan,  Aniq Badruzaman berhasil masuk tingkat nasional setelah sukses melalui penjaringan tingkat kabupaten dan provinsi.

Pada ajang KSN tingkat SD sederajat terdapat dua bidang ilmu yang dilombakan, yakni IPA dan Matematika. Ditetapkannya kedua bidang tersebut karena dianggap sebagai salah satu modal utama bangsa dalam upaya pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

"Salah satu wadah strategis dalam meningkatkan mutu pembelajaran Matematika dan IPA  menjadi lebih kreatif dan inovatif yaitu melalui KSN. Dengan kegiatan KSN diharapkan dapat membekali peserta didik degan kemampuan berpikir logis, analisis, kritis, inovatif dan kreatif," jelasnya.

 Menurutnya, melalui KSN diharapkan sekaligus dapat mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan. 

Kegiatan KSN 2020 diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi tatangan tersendiri karena dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19, pada 31 Oktober sampai 5 November 2020.

"Kondisi COVID-19, memaksa peserta mengikuti lomba melalui sistem dalam jaringan atau tidak seperti tahun sebelumnya yang langsung tatap muka," katanya.

Dikatakan, Aniq Badruzaman adalah salah dari delapan siswa Bangka Belitung yang mengikuti KSN tingkat nasional secara daring.

"Aniq Badruzaman bersaing dengan ratusan siswa seluruh Indonesia mewakili daerah provinsi masing-masing," katanya.

Dia optimis, peserta didik dari SDIT Alam Beruni akan mampu bersaing dengan peserta lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020