Tim gabungan di Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan operasi yustisi wajib memakai masker bagi pengunjung Pasar Mentok.

"Operasi gabungan ini kami harapkan bisa menimbulkan efek jera bagi para pelanggar sehingga warga semakin sadar pentingnya menerapkan protokol kesehatan," kata Kapolsek Mentok AKP Taufik Zulfikar di Mentok, Minggu.

Menurut dia, rendahnya jumlah kasus COVID-19 di daerah itu bukan suatu alasan untuk mengendurkan disiplin 4M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan menggunakan sabun dan menghindari kerumunan.

"Kewaspadaan harus tetap dijaga, jangan meremehkan," ujarnya.

Operasi yustisi di Pasar Mentok digelar personel Polsek Mentok bersama Satuan Polisi Pamong Praja dan para petugas kesehatan untuk mengoptimalkan pencegahan dan menurunkan penularan penyebaran COVID-19.

Dalam operasi tersebut, petugas gabungan memberikan imbauan kepada masyarakat agar wajib menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Untuk mendisiplinkan warga yang tidak menggunakan masker petugas memberikan teguran lisan dan sanksi sosial berupa push up.

"Pencegahan dan memutus mata rantai penularan virus merupakan tanggung jawab bersama, kami berharap masyarakat ikut membantu dengan disiplin 4M," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020