Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyebutkan kesadaran masyarakat di daerah itu untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker mulai mengalami penurunan.

"Berdasarkan pantauan kami di beberapa tempat tingkat kesadaran masyarakat menggunakan masker sudah mulai dan sangat jauh sekali turun," kata Plh Kepala BPBD Belitung, Hendri Suzanto di Tanjung Pandan, Senin.

Dirinya sangat menyayangkan kondisi tersebut dimana saat ini telah dan sedang terjadi transmisi lokal dan lonjakan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah itu.

Ia menambahkan, menurunnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan dikhawatirkan menjadi pemicu penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas.

"Bahkan masih ada masyarakat yang terkesan menganggap (COVID-19) ini hanya seperti dongeng," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Hendri, BPBD Belitung akan terus mengoptimalkan penegakan protokol kesehatan di sejumlah titik keramaian dan berkumpulnya masyarakat di daerah itu.

"Jadi di titik-titik keramaian kami akan mencoba untuk saling mengingatkan masyarakat agar disiplin mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Ia berharap, kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan semakin meningkat guna mengantisipasi dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

"Dengan peningkatan rasa kesadaran disiplin diri untuk selalu mentaati protokol kesehatan akan dapat menekan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020