Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan dua lokasi karantina baru bagi pasien-pasien positif COVID-19 di daerah itu.

"Karena sekarang pusat karantina COVID-19 SKB Tanjung Pandan kapasitasnya sudah penuh," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Belitung capai 110 orang

Menurut dia, meningkatkannya jumlah kasus terkonfirmasi positif dalam beberapa hari terakhir membuat kapasitas 12 kamar isolasi bagi pasien-pasien COVID-19 di pusat karantina SKB Tanjung Pandan penuh.

"Kami berupaya mencari tempat yang representatif jadi dari beberapa tempat sudah kami tinjau dan memang komunikasikan langsung," ujarnya.

Baca juga: Lembaga Adat Melayu Belitung berikan penghargaan kepada dua tokoh

Ia menyebutkan, lokasi baru yang direncanakan menjadi tempat karantina bagi pasien-pasien positif COVID-19 adalah salah satu hotel yang sebelumnya telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat.

"Kami sudah siapkan lokasi baru kemarin misalnya kami sudah ada kerja sama dengan salah satu hotel di Tanjung Pandan," katanya.

Baca juga: Bupati Belitung apresiasi peran tenaga medis COVID-19

Ia menambahkan, Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Belitung sebelukny tidak pernah menyangka bawha lonjakan kasus terkonfirmasi positif semakin bertambah hingga mencapai110 pasien.

"Kami berharap melalui upaya penelusuran kontak pasien positif COVID-19 yang dilakukan oleh tim nantinya jumlah terkonfirmasi positif tidak bertambah lagi," ujarnya.

Disampaikanya, sejauh ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah didominasi oleh klaster keluarga yang semakin meluas sehingga menyebabkan terjadinya transmisi lokal COVID-19 di wilayah itu.

"Namun memang ada sejumlah klaster yang memang mata rantai penyebarannya sudah terputus," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020