Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan "rapid test" atau tes cepat kepada seluruh jajaran pengawas untuk memastikan tidak terpapar COVID-19 saat mengawal proses pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 9 Desember 2020.

"Tes cepat dilakukan secara serentak hari ini Sabtu (28/11) pada semua kecamatan dan desa," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan, jika ada jajaran pengawas yang dinyatakan reaktif maka dilakukan langkah isolasi mandiri atau berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 untuk tindakan medis selanjutnya.

Robianto memastikan seluruh jajaran pengawas wajib mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dalam menjalankan tugas di lapangan.

"Semua jajaran pengawas juga diberikan alat pelindung diri (APD) untuk menjamin keselamatan kesehatannya selama menjalankan tugas pengawasan," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh jajaran penyelenggara, peserta dan masyarakat untuk memberlakukan secara ketat protokol kesehatan karena Pilkada 2020 berada di tengah pandemi COVID-19.

"Kita tidak ingin muncul klaster baru yaitu klaster pilkada karena kelalaian kita dalam menaati protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020