Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN), Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Dr Akmal Malik, M.Si  melantik Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Kepulauan Bangka Belitung periode 2020-2025 di Gedung Mahligai rumah Dinas Gubernur Babel, Jumat (27/11) lalu

Keputusan ini dikeluarkan berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa DPP-IKAPTK Babel yang dilaksanakan Desember lalu. Ikatan ini terbentuk dari alumni IPDN, STPDN, dan APDN yang berjumlah 28.000an dan tersebar di seluruh Indonesia. 

Akmal Malik di Pangkalpinang, Jumat mengatakan, memberikan selamat kepada seluruh pengurus DPP IKAPTK Babel yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. 

Dia menyarankan pengurus DPP IKAPTK yang sudah dibentuk dan secara sah sudah dilantik dapat memperkuat kerja sama dengan dengan semua pihak guna membangun daerahnya.

"Perkuat sinergitas atau kerja sama dengan semua pihak diperlukan untuk membantu mempermudah membangun daerah sesuai tugas dan fungsinya yang sudah diamanahkan," jelasnya.

Sebagai generasi anak bangsa,  IKAPTK mempunyai kontribusi besar terhadap pembangunan di masing - masing daerahnya secara berkelanjutan karena organisasi ini sudah dibentuk di 28 provinsi di Indonesia.

"IKAPTK sudah dibentuk di 28 provinsi dengan harapan mampu mendorong dan terlibat langsung dalam pembangunan daerah setempat guna kepentingan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, IKAPTK mempunyai tanggung jawab besar yang diembannya dalam membantu menata kelola jalannya pemerintahan agar berjalan dengan baik.

"Walaupun saat ini masih terdapat keterbatasan, kita harus mampu menjadikan IKPATK suatu lembaga yang responsif terhadap berbagai hal permasalahan," ujar Akmal Malik.

   
IKAPTK memiliki yayasan Asthabrata kata dia, melakukan berbagai kegiatan bakti sosial kemasyarakat seperti kegiatan pencegahan stunting dengan perbaikan gizi anak yang melibatkan peran PKK  termasuk pula kegiatan donasi dan bantuan bencana yang saat itu mendapat apresiasi langsung Presiden RI Joko Widodo.

"Saya minta agar  IKAPTK membangun kepercayaan bahwa kita ini bermanfaat, berkontribusi dan siap membangun daerah, jangan hanya terpaku pada tugas kita di birokrasi saja," katanya.

Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah berharap IKAPTK dapat menjadi mitra kerja dari pemerintah daerah. Babel dan Forkopimda dengan dedikasi loyalitas yang terpatri dalam diri untuk mengabdi membangun "Negeri Serumpun Sebalai".  

"Banyak hal yang dapat dilakukan IKAPTK untuk menunjukkan eksistensinya, Saya menaruh harapan kepada anggota DPP-IKAPTK yang baru saja dilantik agar dapat bekerja secara profesional dan terus menjaga komitmen sebagai abdi negara abdi masyarakat," kata Abdul Fatah.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020