Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memantau ketersediaan logistik Pilkada 2020 di kantor KPU setempat.

"Sebagian logistik sudah dikirim ke KPU, termasuk surat suara, ini kami pantau dan pengawasannya dilakukan secara melekat," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, penyortiran dan pelipatan surat suara menjadi fokus pengawasan mereka karena terdapat beberapa surat suara yang dianggap rusak, kurang dan juga ada surat suara yang salah kirim alias nyasar surat suara dari daerah lain.

"Sejauh ini proses pelipatan surat suara berjalan sesuai aturan, tidak ditemukan ada masalah serius kecuali hanya ada kekurangan surat suara, surat suara rusak dan surat suara yang nyasar," ujarnya.

Pihaknya tentu saja meminta pihak KPU segera menindak lanjuti persoalan tersebut karena waktu hanya tinggal menghitung hari untuk pelaksanaan pungut hitung.

"Kami juga mengawasi proses pengiriman logistik lainnya ke kantor KPU, sehingga tidak ada yang luput dari pemantauan kami," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.

Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB.

Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020