Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) membantu pemerintah daerah mencegah penyebaran wabah COVID-19.

"Saya mengajak FKUB sebagai organisasi induk antar umat beragama membantu pemerintah melakukan pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di tempat ibadah masing - masing pemeluk agama," kata Mulkan di Sungailiat Kamis, saat acara silaturahmi dengan pengurus FKUB.

Bupati mengatakan tokoh agama yang tergabung dalam FKUB mempunyai peran efektif menyampaikan pesan program pemerintah termasuk upaya pencegahan COVID-19 kepada umat beragama di tempat ibadah.

"Saya optimis kasus penyebaran kasus COVID-19 dapat dicegah jika dilakukan secara terpadu dengan melibatkan semua pihak maupun organisasi masyarakat," jelas Mulkan.

Mulkan menilai kinerja FKUB selama ini sudah cukup baik dalam membangun sinergitas baik antar umat beragama maupun dengan pemerintah daerah sehingga tercipta suasana yang cukup kondusif.

"Wilayah Kabupaten Bangka yang terdiri dari delapan kecamatan dan 62 desa cukup aman dan tertib serta terbangun harmonisasi atau toleransi antar umat beragama yang baik sehingga tidak terjadi konflik," ujarnya,

Bupati berjanji akan memberikan bantuan anggaran dengan besaran yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah guna kelancaran kegiatan FKUB.

Sementara Ketua FKUB Kabupaten Bangka H. Husien Jais mengatakan pihaknya tergabung dengan sejumlah tokoh umat beragama akan mendukung penuh program pemerintah guna kepentingan masyarakat.

"Kami akan mendukung penuh program pemerintah sebagai bentuk sinergitas membangun daerah dan mewujudkan masyarakat yang aman, tertib dan sejahtera," katanya.

Dikatakan FKUB akan semakin gencar melakukan pendekatan, dalam rangka pembinaan kepada masyarakat terutama ke desa-desa terpencil mencegah pengaruh yang kurang baik yang dapat menimbulkan perpecahan antar umat beragama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020