Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai mendistribusikan berbagai logistik pendukung untuk mewujudkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada 2020 yang sehat.

"Seluruh logistik sudah lengkap, proses pengemasan sudah dilakukan dan siap didistribusikan ke 400 TPS Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2020 di enam kecamatan," kata anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi di Mentok, Minggu.

Menurut dia, berbagai logistik yang disiapkan untuk mendukung pilkada sehat itu, yakni sabun cuci tangan, tisu, "hand sanitizer", "thermogun" atau alat pengukur suhu tubuh, cairan disinfektan, sarung tangan, masker, dan baju hazmat.

Pada penyelenggaraan pilkada kali ini, kata dia, penyelenggara juga menyiapkan sarung tangan plastik dan masker sesuai jumlah pemilih di masing-masing TPS, ditambah sarung tangan karet untuk para petugas TPS.

"Jadi pada 9 Desember 2020, para pemilih akan diberi masker jika lupa membawa masker dari rumah, selain itu pemilih juga wajib menggunakan sarung tangan plastik selama dalam TPS," katanya.

Penyelenggara juga menyiapkan masing-masing satu baju hazmat yang nanti dipakai petugas TPS yang akan melayani pemilih bersuhu tubuh tinggi.

"Bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celcius akan dilayani di bilik khusus, petugas pelayanan akan memakai hazmat selama pelayanan itu," katanya.

Pada pelaksanaan Pilkada 2020, terdapat 400 TPS yang terdapat di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Mentok sebanyak 104 TPS, Simpangteritip 60 TPS, Jebus 44 lokasi, Kelapa 67 TPS, Tempilang 60 TPS, dan Kecamatan Parittiga sebanyak 65 TPS.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020