Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah beserta rombongan meninjau pelaksanaan pilkada serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur pada sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah itu.

"Dari beberapa TPS yang saya datangi rata-rata pada saat ini partisipasi pemilih sudah berada di tataran 60 persen," katanya ketika meninjau pelaksanaan pemungutan suara di TPS 04 Desa Padang, Manggar, Belitung Timur, Rabu.

Ia menilai, kesadaran masyarakat dan penyelenggara pemilu dalam mematuhi protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sejauh ini sudah berjalan cukup baik.

"Pengaturan kehadiran para pemilih sudah cukup terjaga sehingga jam per jam sudah diatur kehadirannya agar tidak terjadi kerumunan," ujarnya.

Abdul Fatah berharap, bagi masyarakat yang belum datang ke TPS dalam memberikan hak suaranya diharapkan dapat segera datang dan menunaikan hak pilihnya sehingga target partisipasi pemilih yang ditetapkan dapat tercapai.

"Target nasional partisipasi masyarakat yang memberikan suaranya baik dalam pilkada Gubernu maupun Kabupaten/Kota itu adalah 82 persen sehingga Belitung Timur paling tidak sedikit berada di bawah target yang ditetapkan nasional," katanya.

Pemprov Babel, lanjut Wagub, optimistis bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam mengikuti pelaksanaan pilkada serentak sudah terbangun.

"Kondisi dan situasi di Belitung Timur saat ini sangat menunjang cuaca dan alamnya sangat bersahabat sekali saya rasa tidak ada hambatan bagi masyarakat pemilih untuk datang ke TPS menyalurkan dan menggunakan hak demokrasinya," ujar dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020