Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar tes cepat COVID-19 untuk mendeteksi kondisi kesehatan personel usai menjalankan tugas pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pilkada 2020.

"Untuk tahap awal kami laksanakan di Polsek Kelapa, seluruh personel yang ada di kecamatan itu kami wajibkan ikut tes cepat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Jumat.

Ia menjelaskan tes cepat dilaksanakan Polres Bangka Barat bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kelapa dengan memeriksa sampel darah dari 28 personel polsek setempat.

"Seluruh sampel sudah diperiksa hari ini dan hasilnya tidak ada yang reaktif," katanya.

Hasil tersebut cukup melegakan seluruh pihak yang selama ini cukup khawatir dengan pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi COVID-19.

Kapolsek Kelapa Iptu A.F. Pulungan mengatakan pemeriksaan dini kondisi kesehatan para personel untuk mengetahui dan mengantisipasi apakah ada yang terpapar COVID-19.

"Pemeriksaan ini merupakan antisipasi dini, jika ada yang diketahui reaktif akan kami lakukan langkah selanjutnya agar tidak menyebar, berupa tes usap dan karantina," katanya.

Ia berharap, upaya yang sudah dilakukan bisa ikut mendukung upaya bersama untuk mewujudkan pelaksanaan  pilkada sehat.

"Kami mengimbau masyarakat tetap disiplin menjalankan aturan kesehatan 4M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan, selain tetap menjaga kesehatan dengan rajin olahraga konsumsi makanan bergizi," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020