Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam waktu dekat ini segera memiliki balai teknologi informasi guna meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia guru di negeri serumpun sebalai itu.

"Awal 2021 ini, kita bangun balai teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat daerah ini," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan dengan adanya balai teknologi informasi pendidikan yang terintegrasi dengan sekolah-sekolah di Bangka Belitung, dapat meningkatkan mutu sekaligus kemampuan para guru dan pendidikan di daerah ini.

"Dunia pendidikan di era sekarang, khususnya para guru dihadapkan dalam berbagai tantangan. Namun, tantangan itu seharusnya dapat dijadikan sebuah peluang guna memberikan hasil yang optimal bagi pendidikan untuk menjawab tantangan global ke depan, terlebih di era teknologi," katanya.

Menurut dia, ketidakmampuan di bidang teknologi informasi akan membuat dunia pendidikan tidak dapat maju.

Oleh sebab itu, ia memberikan apresiasi kepada Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora Daerah (DIY) yang berkenan menerima para guru dari Babel untuk mendapatkan pengalaman dalam program bimbingan teknis (bimtek) kali ini.

"Kita telah menjalin kerja sama dengan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam bidang pendidikan, khususnya Universitas Negeri Yogyakarta dalam meningkatkan kemampuan belajar dan mengajar guru melalui pertukaran guru," ujarnya.

Ia berharap tenaga pengajar dapat mengikuti bimtek dengan baik. Sehingga, dalam perencanaan pembangunan Balai Teknologi Informasi Pendidikan, para tenaga pengajar dapat menjadi pioner di sekolah-sekolah untuk menggerakkan dan menyosialisasikannya melalui komunitas Guru Teknologi Informasi.

"Saya memberikan apresiasi pada para guru di Bangka Belitung yang tanpa lelah berproses untuk memajukan dunia pendidikan dan mengingatkan untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan selama mengikuti bimtek ini agar dapat pulang ke daerah dengan selamat," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020