Aktivitas penyeberangan penumpang orang dan kendaraan di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada masa libur akhir tahun terpantau lancar.

"Kami telah melakukan pemantauan langsung yang dilakukan Kapolsek Mentok AKP Taufik Zulfikar bersama anggota di lokasi itu, penumpang orang dan kendaraan, baik yang turun dari kapal maupun yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera masih dalam batas kewajaran," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Kamis.

Dia menjelaskan, pemantauan yang dilakukan Kapolsek Mentok itu dilakukan untuk memastikan seluruh prosedur yang berkaitan dengan persyaratan penyeberangan sesuai dengan aturan kesehatan yang berlaku.

"Pemeriksaan persyaratan pendaftaran cukup ketat dilakukan petugas guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya penularan virus corona atau COVID-19 karena liburan akhir tahun ini masih dalam masa pandemi COVID-19," katanya.

Selain persyaratan administrasi, para calon penumpang juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan.

"Sampai satu hari menjelang pergantian tahun secara umum berjalan dengan baik, para petugas di Pos Pelayanan juga sudah menjalankan tugas dan fungsi sesuai aturan yang ada," katanya.

Menurut dia, penerapan protokol kesehatan di Pelabuhan Tanjungkalian dilakukan agar para penumpang yang mengantre tidak berkerumun untuk menghindari terjadinya klaster baru penyebaran virus.

"Kami berharap dengan mematuhi Maklumat Kapolri dan Surat Edaran dari Pemerintah Daerah setempat bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penumpang dan situasi tetap lancar, terkendali, serta tidak ada gangguan kamtibmas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020