Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat mengatakan bahwa hingga Sabtu masih ada 128 pasien yang menjalani karantina dan perawatan karena terinfeksi virus corona.

Dia mengutip data Dinas Kesehatan yang menunjukkan bahwa pasien yang menjalani perawatan atau karantina akibat COVID-19 tersebar di Kecamatan Sungailiat (41 orang), Mendo Barat  (37 orang), Merawang (15 orang), Belinyu (14 orang), Pemali (21 orang), Puding Besar (enam orang), Riau Silip (empat orang), dan Bakam (dua orang).

Fasilitas karantina bagi pasien COVID-19 tersedia di Balai Diklat Provinsi Bangka Belitung, Rumah Sakit Eko Maulana Ali, Rumah Sakit Syafri Rahman, Mes Melati, Mes Anggrek, dan Asrama Haji.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka juga mencata 2.785 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19 dan 811 orang yang diduga tertular virus corona. Selain itu masih ada 300 orang yang menunggu hasil pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona.

Jumlah total warga di Kabupaten Bangka yang tertular COVID-19 tercatat 707 orang dan 573 orang di antaranya sudah sembuh. Jumlah pasien yang meninggal dunia karena penyakit itu sebanyak enam orang.

"Saya melihat tingginya angka kasus COVID-19 terjadi pada akhir tahun 2020 yang rata-rata mencapai 10 orang per hari karena sebagian masyarakat belum maksimal menerapkan protokol kesehatan," kata Boy.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021