Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bangka Belitung, Irjen Anang Syarif Hidayat menyatakan, Pilkada Serentak 2020 di empat kabupaten berjalan aman tanpa terjadi konflik politik.

"Pilkada di empat kabupaten yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung Timur berjalan aman, lancar, kondusif dan jauh dari konflik," katanya usai kegiatan rapat konsolidasi TNI-Polri pasca pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Polres Bangka Tengah, Jumat.

Kapolda memberikan apresiasi kepada seluruh anggota Polri yang melakukakan pengamanan dan juga kepada peserta dan penyelenggara yang sudah bekerja secara maksimal dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi.

"Bahkan partisipasi pemilih mencapai angka di atas 75 persen, ini membuat kita bangga kepada semua pihak yang terlibat baik TNI-Polri, peserta pilkada, penyelenggara dan masyarakat pemilih," ujarnya.

Anang mengatakan tugas polisi selanjutnya masih ada satu tahapan yaitu mengamankan proses penetapan dan pelantikan calon terpilih.

"Tentu saja kami berharap kepada pemenang Pilkada 2020 menjadi kemenangan seluruh masyarakat dan mampu membawa perubahan terhadap pembangunan daerah ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Menurut dia, partisipasi pemilih merupakan bagian dari tolok ukur keberhasilan dari Pilkada Serentak 2020.

"Semakin tinggi partisipasi pemilih, tentu legalitas dari pimpinan terpilih juga akan semakin di dukung masyarakat," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021