Kepolisian Resor Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengawal secara ketat pendistribusian vaksin COVID-19.

"Kita sudah siapkan skema pengamanannya, kami mesti menjamin dan memastikan vaksin tersebut aman sampai ke daerah ini," kata Kabag Ops Polres Belitung Timur Kompol Erwan Yudha P di Manggar, Rabu.

Baca juga: Pemkab Belitung Timur prioritaskan vaksin COVID-19 untuk tenaga medis

Hal itu dikemukakannya menyikapi akan didistribusikannya vaksin COVID-19 ke Belitung Timur setelah keluarnya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

"Kami juga akan mengawal proses vaksinasi kepada masyarakat, untuk menjamin keamanan selama proses penyuntikan berlangsung," ujarnya.

Pihaknya memang belum mendapat jadwal yang pasti terkait kapan vaksin sinovac itu didistribusikan ke Belitung Timur, namun pola pengamanan harus disiapkan lebih awal.

"Ini persoalan waktu saja dan yang pasti vaksin akan dikirim ke Belitung Timur, hanya saja kami belum mendapatkan jadwal pastinya," ujarnya.

Sementara Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Belitung, Singgih mengatakan semua vaksin COVID-19 yang akan digunakan di Indonesia harus tetap mendapatkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

“Baru saja Emergency Use Authorization (EUA) sudah dikeluarkan dari BPOM Pusat. Setelah keluar, baru vaksin itu bisa disuntikkan ke tenaga kesehatan atau masyarakat,” katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021