Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan para personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) sebagai petugas tracer atau penelusur untuk membantu penanganan COVID-19 di daerah itu.

"Tim kesehatan tidak bisa bekerja sendiri karena berbagai keterbatasan, kami perintahkan para personel Bhabinkamtibmas untuk membantu tugas penelusuran jika ada kasus di wilayah desa binaan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan, berbagai kesiapan sudah dilakukan agar para personel Bhabinkamtibmas memahami tugas dan fungsi selama pandemi COVID-19 berlangsung.

Selain membekali pengetahuan dan pola penelusuran, para personel juga selalu diingatkan agar disiplin menjalankan aturan kesehatan agar mampu membentengi diri dari penularan virus tersebut.

"Kita harus waspada, waspada terhadap diri pribadi waspada kepada orang lain dengan disiplin menjalankan protokol. Jangan pernah merasa bosan mengingatkan masyarakat dan tetap jalankan peraturan sesuai kesepakatan," katanya.

Personel Bhabinkamtibmas memiliki peranan penting sebagai garda terdepan di tengah masyarakat dengan menjadi agen pencegahan, pendeteksi dan bertanggung jawab dalam penanggulangan COVID-19, selain sebagai petugas penegak disiplin protokol kesehatan di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat.

Polres Bangka Barat juga telah menyiapkan para petugas pengamanan distribusi vaksin, mereka akan melakukan pengawalan saat penjemputan dan pengiriman ke fasilitas kesehatan.

"Berbagai persiapan sudah kami lakukan sebagai bentuk komitmen Polri mendukung program pemerintah dalam penanganan COVID-19," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021