Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar rapat koordinasi dan evaluasi terbuka terkait hasil pengawasan Pilkada 9 September 2020.

"Dalam rapat evaluasi yang sekaligus koordinasi ini kami lakukan secara terbuka dengan mengundang sejumlah pemangku kepentingan di daerah ini," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto dalam kegiatan tersebut di Hotel Soll Marina Pangkalanbaru, Senin.

Menurut dia, rapat evaluasi dan koordinasi terbuka ini sangat perlu dilaksanakan untuk mendapatkan masukan, sumbang saran dan kritikan konstruktif dari lembaga lain di luar penyelenggara. 

"Dengan harapan, tentu saja rapat evaluasi ini menjadi masukan bagi kami untuk melakukan perubahan dan perbaikan kinerja pada masa mendatang," ujarnya.

Kendati menurut dia, Pilkada Bangka Tengah 2020 sudah berlangsung cukup kondusif, aman, jujur, adil dan bermartabat namun tentu saja tidak luput dari kesalahan sebagai manusia biasa yang menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan ke depannya.

"Justeru itu kami mengundang berbagai pihak di antaranya KPU sebagai mitra kerja dan tandem sesama penyelenggara, TNI-Polri, pemerintah daerah, partai politik, akademisi dan bahkan kalangan wartawan untuk mendapatkan sumbang saran pemikiran serta kritikan konstruktif selama kami bekerja lebih kurang setahun lebih mengawal tahapan Pilkada 2020," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Robianto mengatakan bahwa koordinasi Bawaslu dan KPU sebagai lembaga penyelenggara sudah berjalan cukup baik demi terlaksananya pesta demokrasi yang terhormat dan bermartabat.

"Bagi kami sebagai penyelenggara bagaimana proses demokrasi itu berjalan dengan baik, karena kami tidak ada kepentingan lain kecuali hanya menjalankan amanah konstitusi," ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada TNI dan Polri yang sudah membantu secara totalitas untuk menciptakan situasi politik yang kondusif, demikian juga pemerintah daerah yang mendukung penuh menfasilitasi semua proses Pilkada 2020 baik berupa anggaran maupun dalam bentuk lainnya.

"Peran media terutama kawan-kawan yang menjalankan tugas jurnalistik di Bangka Tengah juga tidak kalah penting, menjadi sahabat kami dalam menyampaikan informasi yang positif dan menyejukkan kepada publik demi terlaksananya pesta demokrasi yang jujur dan adil," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021