Toboali (Antara Babel) - Koramil 02 Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan membersihkan saluran irigasi sawah petani untuk meningkatkan produksi beras di daerah itu.

"Kami bersama 34 kelompok petani padi Desa Rias akan bergotong royong membersihkan dan menambah saluran irigasi sawah," kata Komandan Koramil 02 Toboali, Kapten Siradjuddin mewakili Dandim 0413 Bangka, Kolonel Utten di Toboali, Rabu.

Berdasarkan hasil rapat bersama Dinas Pertanian Bangka Selatan,  pihaknya bersama petani akan membersihkan saluran irigasi sawah sepanjang tiga kilometer di Desa Rias Toboali.

"Pembersihan dan penambahan saluran irigasi ini akan dilakukan pada Rabu (11/2). Kegiatan gotong royong akan dimulai dari Bendungan Mentukul hingga ke area persawahan petani di Desa Rias," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini akan melibatkan sekitar 200 orang petani, perangkat desa serta dibantu Dinas Pertanian, Penyuluhan dan Dinas Pekerjaan Umum.

"Kegiatan ini merupakan program utama TNI bersama masyarakat untuk mewujudkan daerah berswasembada pangan," ujarnya.

Menurut dia, dipilihnya Desa Rias sebagai kegiatan bersih-bersih saluran irigasi  karena Desa Rias merupakan desa pertanian yang menjadi fokus lumbung pangan.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, petani tidak lagi mengalami kesulitan air untuk memulai menanam padi secara serentak," ujarnya.

Untuk kelancaran kegiatan gotong royong ini, pihaknya telah menyediakan berbagai bahan pokok bangunan, seperti batu gunung, pasir, semen dan lainnya.

"Kami akan mengerahkan 14 personil untuk membantu dan mengawal pembangunan ini agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan tujuan swasembada pangan di daerah ini dapat tercapai," ujarnya. 

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015