Satuan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat penambahan satu orang pasien COVID-19 di daerah itu meninggal dunia di rumah sakit Medika Stania Sungailiat.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Senin melalui pesan resminya mengatakan, seorang pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia inisial Hr (45) laki-laki asal Kecamatan Puding Besar. Total pasien COVID-19 yang meninggal dunia sampai dengan sekarang sebanyak 20 orang berasal dari sejumlah wilayah kecamatan.

"Hr merupakan salah satu karyawan perusahaan swasta di kecamatan lain, memiliki riwayat demam, kemudian yang bersangkutan dibawa ke rumah sakit Medika Stania Sungailiat, hasil tes antigen positif," jelas Boy Yandra.

Dikatakan, Hr juga memiliki riwayat gagal napas dan diabetes serta hipertensi. Kesehatan Hr diketahui semakin menurun pada tanggal 19 Februari terhitung sejak masuk di rumah sakit itu tanggal 16 Februari 2021.
 
"Hr malam ini juga akan dilakukan pemakaman sesuai standar protokol kesehatan di tempat pemakaman umum kecamatan setempat dengan melibatkan pihak terkait," katanya.

Dikatakan, 20 pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia yakni, dari Kecamatan Sungailiat sebanyak sembilan orang, Belinyu sebanyak tiga orang, Kecamatan Mendo Barat terdapat dua orang, Kecamatan Pemali tiga orang kemudian masing-masing satu orang dari  Kecamatan Merawang, Riau Silip dan Kecamatan Puding Besar.

"Saya ingatkan masyarakat tidak memberikan stigma negatif kepada warga lainnya yang diketahui positif COVID-19, namun hendaknya diberikan motivasi kepada yang bersangkutan dan keluarganya," kata Boy Yandra.

Dia mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerahnya, untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 guna memutus dan mencegah penyebaran virus "severe acute respiratory syndrome coronavirus 2" (SARS-CoV-2).

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021