Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan melakukan panen raya padi di Desa Kepoh, Kabupaten Bangka Selatan, guna memotivasi petani untuk lebih meningkatkan usaha pertaniannya di tengah pendemi COVID-19.

"Alhamdulillah, hari ini kita melakukan panen padi dan mudah-mudahan ini menjadi keberkahan bagi kita semua," kata Erzaldi saat panen raya padi di Desa Kepoh, Babel, Selasa.

Ia mengatakan dalam meningkatkan produksi padi ini, Pemprov Kepulauan Bangka Belitung akan menerapkan teknologi drone, guna memudahkan para petani mengembangkan usaha pertaniannya.

"Saya dengar hasil padi di sini hanya 3 ton per hektare dan itu sedikit, semestinya bisa dimaksimalkan hingga 8 ton," ujarnya.

Menurut dia dengan teknologi drone, lahan pertanian dapat dipetakan terkait kondisi lahan, seperti pH, kontur tanah sehingga dapat ditangani secara cepat.

Selain itu, dirinya menjelaskan kredit usaha rakyat (KUR) yang digulirkan oleh pemerintah dilaksanakan untuk membantu dan mendorong usaha para petani khususnya pada masa pandemi COVID-19 dengan harapan program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani.

"Pemerintah daerah selalu siap membantu petani maupun kelompok tani dalam mengembangkan pertaniannya, karena itulah, jika para kelompok tani merasa ada hal-hal yang diperlukan untuk pengembangan komoditas pertanian, maka pemerintah daerah selalu siap membantu melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait," ujarnya.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Karya Makmur Muhammad Nur mengapresiasi kunjungan Gubenur Erzaldi dengan harapan masyarakat dapat terbantu dengan kehadiran teknologi drone yang akan digunakan di lahan seluas 150 hektare ini.

"Alhamdulillah, dengan adanya teknologi ini dapat membantu petani, setidak-tidaknya kami tahu kadar keasaman tanah kami bagaimana, sehingga segera dapat kami atasi," katanya.

Kehadiran Gubernur di Desa Kepoh disambut langsung oleh ratusan masyarakat sekitar, maupun yang tergabung dalam Kelompok Tani Karya Makmur. Masyarakat terlihat sangat antusias dan gembira dengan kedatangan Gubernur di lahan tanam padi mereka. Tak lupa masyarakat mengabadikan momen berharga ini dengan berfoto bersama Gubernur Erzaldi.

Pewarta: Eko SR

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021