Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyebutkan hari ini terjadi penambahan pasien positif virus corona jenis baru sebanyak 17 orang.

"Dengan adanya penambahan kasus tersebut, jumlah keseluruhan pasien yang masih menjalani perawatan dan isolasi menjadi 32 orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Minggu malam..

Ia menjelaskan, sebanyak 17 orang yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut berasal dari Kecamatan Mentok sebanyak tujuh orang dan dari Jebus sebanyak 10 orang.

Sebanyak 17 orang pasien tersebut terdiri dari nyonya Ko (23), Ra laki-laki (12), Az perempuan (9), nyonya Rb (48), Ar perempuan (14), tuan Rs (36), Is perempuan (10), nyonya Su (32), Iz perempuan (9), tuan Mr (41), tuan Ma (27), tuan Sh (56), Sn perempuan (9), nyonya Na (36), Ra laki-laki (2), Rm perempuan (20) dan nyonya Rv (34).

"Mereka sebagian besar tertular dari kontak erat keluarga terdekat dan saat ini sedang dilakukan perawatan di RSUD Sejiran Setason, menjalani isolasi di Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat dan sebagian menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing," katanya.

Untuk jumlah kasus yang ditemukan di Kabupaten Bangka Barat selama pandemi COVID-19 sebanyak 340 orang, enam orang di antaranya meninggal dunia dan 302 dinyatakan sembuh atau selesai isolasi.

Ia mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker untuk meminimalkan risiko penularan karena saat ini sudah terjadi transmisi atau penularan antarwarga di dalam daerah.

"Pola penularan sudah antarwarga sehingga kita wajib disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021