Sebanyak 50 penyandang disabilitas mengikuti donor darah yang digelar oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama DPD Independen Pekerja Sosial Profesional Indonesia (DPD IPSPI).

DPD IPSPI menginisiasi pelaksanaan donor darah melalui peringatan Hari Pekerjaan Sosial Sedunia yang jatuh pada 20 Februari lalu, sekaligus mengingat pandemi COVID-19 yang membawa perubahan signifikan hampir pada semua aspek.

Salah satu cluster pelayanan publik yang terdampak secara langsung adalah berkurang drastisnya persediaan pasokan stok darah dikarenakan enggannya masyarakat bepergian keluar rumah.

Dengan segala keterbatasan para penyandang disabilitas rela berbagi potensi sumber kehidupan dalam kesempatan ini, sehingga membuat istimewa kegiatan donor darah kali ini karena keikutsertaan para penyandang disabilitas.

Khusus difabel donor darah kali ini, diberikan paket bahan makanan berupa beras, minyak goreng, susu kental manis, kopi dan gula pasir dari donatur, serta ucapan terima kasih atas partisipasi dan peran sertanya dalam upaya membantu mengatasi keterbatasan stok darah.

Pada kegiatan ini, donatur juga menyediakan fasilitas kursi roda, pampers, dan tongkat kruk yang dapat digunakan pengandang disabilitas selama kegitan berlangsung.

Rusli, Sekretaris Dinas Sosial Babel dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada PMI Pangkalpinang yang dipimpin oleh dr. Amelia dalam memfasilitasi suksesnya kegiatan donor darah kali ini.

"Tindakan kemanusiaan melampaui sekat-sekat keterbatasan adalah cerminan bahwa kita masih menjadi homo homini socius," kata Rusli mengutip pernyataan Adam Smith.

Tagana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pekerja sosial, ASN Dinas Sosial Kabupaten Bangka Tengah, BKPSDM Babel serta masyarakat juga turut berpartisipasi menjadi pendonor hari ini.

Rusli juga berharap, semoga dengan peringatan Hari Pekerjaan Sosial Sedunia dengan tema Ubuntu (saya karena kita) menjadi momentum bersama bagi kita dalam mewujudkan keberimbangan dan kesejahteraan sosial.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021