Satuan Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan keterampilan para petugas pemakaman yang disiapkan khusus di tingkat kecamatan untuk menangani jenazah pasien COVID-19.

"Untuk hari ini kami gelar untuk para petugas di Kecamatan Parittiga agar nantinya mereka bisa melayani permakaman jenazah pasien COVID-19 sesuai tata cara yang sudah diatur sesuai protokol kesehatan," kata Sekretaris Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten bangka barat Sidharta Gautama di Mentok, Selasa.

Kegiatan pelatihan digelar selama sehari penuh diikuti para petugas khusus pemakaman jenazah di tingkat Kecamatan Parittiga dan pejabat instansi terkait, antara lain Camat, Kapolsek Jebus, Danposmat, Kepala KUA, personel Bhabinkamtibmas, para kepala desa, tokoh masyarakat dan perwakilan Puskesmas Sekarbiru dan Puput.

"Sebagai narasumber kami hadirkan Komandan Pos Angkatan Laut Mentok yang selama ini cukup berpengalaman melayani pemakaman jenazah pasien COVID-19 sesuai tata cara protokol kesehatan dari awal hingga tindakan usai pemakaman," katanya.

Ia mengatakan, materi pelatihan yang disampaikan dalam kegiatan itu selain tata cara pemakaman jenazah pasien COVID-19 juga disampaikan pentingnya meningkatkan sinergi para petugas Babinpotmar, Babinsa, Babinkamtibmas dan perangkat desa dalam edukasi protokol kesehatan pemakaman kepada masyarakat.

Selain itu, juga dibahas pola penanggulangan bersama untuk memudahkan petugas saat melaksanakan penelusuran kontak warga yang diduga berpotensi tertular virus corona jenis baru.

"Kegiatan bimbingan teknis ini kami lakukan agar di setiap kecamatan terbentuk tim edukasi khusus dan mempunyai tim pemakanan sendiri agar bisa melakukan tindakan cepat saat ada warga setempat yang menjadi pasien COVID-19 meninggal dunia," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021