Tim gabungan Satuan Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Operasi Yustisi di Pasar Muntok guna meningkatkan disiplin warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam operasi yang kami gelar bersama personel TNI dan Polri hari ini kami masih menemukan sejumlah warga yang tidak tertib aturan memakai masker di tempat keramaian," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka Barat Sidharta Gautama di Muntok, Jumat.

Kegiatan bersama antara Pemkab Bangka Barat, Komando Pos Angkatan Laut Mentok, para Babinpotmar, Satpol PP dan personel Polres Bangka Barat tersebut menekankan pentingnya disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) di Pasar Muntok.

"Razia penegakan disiplin protokol kesehatan kali ini kami menemukan puluhan pengunjung yang tidak taat protokol kesehatan, mereka kami berikan imbauan disertai sanksi ringan," katanya.

Dari hasil kegiatan razia protokol kesehatan di pintu masuk Pasar Muntok itu, masih banyak ditemukan warga yang masuk dengan mengendarai motor tidak menggunakan masker baik dari kalangan remaja mau pun dewasa dengan alasan lupa.

Untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan, tim gabungan memberikan sanksi push up, menyanyi, mengucapkan lima sila Pancasila dan mewajibkan pelanggar membeli masker.

Pada kesempatan itu, tim juga menggelar sosialisasi kepada warga pengunjung pasar untuk terus disiplin memakai masker dan mengingatkan pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Kegiatan ini kami laksanakan karena kesadaran masyarakat menggunakan masker di luar rumah mulai menurun, kami berharap mereka tetap disiplin dan waspada guna membantu upaya bersama memutus mata rantai penularan virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021