Wakil Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Herry Erfian,  mengingatkan warga untuk selalu waspada terhadap penularan COVID-19 dengan menaati protokol kesehatan walaupun sudah mendapatkan penyuntikan vaksin Sinovac.

"Walaupun sudah divaksin, warga jangan terlena, tetap waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19 dalam menjalankan rutinitas," ujarnya di Koba, Senin.

Ia menjelaskan vaksin bukan obat antivirus corona tetapi lebih kepada meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkis virus tersebut ketika masuk tubuh.

"Vaksin untuk kekebalan tubuh dalam menahan serangan virus, tetap protokol kesehatan menjadi kunci untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona baru," ujarnya.

Pemerintah daerah, kata dia, terus mengajak dan mengedukasi warga untuk selalu membatasi kerumunan, menggunakan masker dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah Zulyan mengatakan promosi kesehatan terkait dengan penerapan protokol kesehatan terus dilakukan.

"Masyarakat jangan pernah beranggapan bahwa virus corona bakal usai setelah dijalankan program vaksinasi, jangan terlena dan tetap menerapkan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi virus corona ini," ujarnya.

Ia mengatakan hingga sekarang 2.300 dosis vaksin sudah disuntikkan melalui program vaksinasi tahap satu dan dua.

"Kita masih kekurangan kuota vaksin untuk komponen masyarakat lainnya di antaranya tokoh agama dan tenaga pendidik," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021