Satuan gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 2.204 pasien terkonfirmasi virus jenis baru corona sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi dan perawatan kesehatan secara intensif.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Rabu mengatakan dari akumulasi pasien positif COVID-19 sebanyak 2.308 orang terdapat 2.204 pasien sembuh dan 31 orang meninggal dunia serta 73 orang masih menjalani isolasi untuk proses perawatan kesehatan.

"Total ribuan pasien COVID-19 yang sembuh itu berasal dari delapan kecamatan dengan angka kesembuhan yang berbeda," jelasnya.

Untuk pasien yang sembuh asal Kecamatan Bakam terdapat 31 orang, Belinyu 132 orang, Mendo Barat 305 orang, Merawang sebanyak 234 orang, Pemali 320 orang.

Kemudian dari Kecamatan Puding Besar sebanyak 87 orang, Riau Silip 124 orang serta terdata dari Kecamatan Sungailiat mencapai angka kesembuhan terbanyak 971 orang.

Tabulasi sementara berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka terdapat 4.584 orang diketahui kontak erat dengan pasien serta 167 orang masih menunggu hasil tes swab dari uji laboratorium kesehatan daerah.

"Saya mengingatkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah awal mencegah dan memutus rantai penyebaran virus yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya," jelas Boy Yandra.

Dia mengatakan, dalam hal pencegahan penyebaran virus pihak dinas kesehatan dan BPBD serta TNI Polri memakasimalkan Upaya tracking (pelacakan), tracing (penelusuran) dan testing (pengujian) dalam mendeteksi sebaran kasus.

Pemerintah daerah juga telah menyediakan sarana isolasi bagi pasien COVID-19 termasuk pula menyediakan sejumlah rumah sakit dan fasilitas "Intensive Care Unit" (ICU).

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021