Muntok (Antara Babel) - Pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mengungkapkan Pemerintah Daerah setempat perlu ikut berperan dalam meningkatkan kompetensi seluruh guru.

"Kami harapkan beberapa usulan yang kami ajukan pada tahun ini disetujui Pemkab karena rencana kegiatan itu merupakan bentuk keseriusan kami untuk meningkatkan kualitas guru yang ada di daerah," kata Ketua PGRI Kabupaten Bangka Barat, Bastomi di Muntok, Jumat.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu pihaknya sudah menyusun rencana kegiatan untuk peningkatan kompetensi guru di seluruh jenjang pendidikan dan rincian kegiatan sudah diusulkan ke pemkab setempat melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga.

Ia menerangkan, dalam perencanaan kegiatan itu diusulkan beberapa kegiatan seperti seminar dan "work shop" guru semua mata pelajaran dan seluruh jenjang pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah tingkat atas.

"Selain itu kami juga mengusulkan "work shop" untuk seluruh kepala sekolah, kami harapkan kegiatan itu bisa disetujui dan difasilitasi pemkab, karena kami tidak memiliki anggaran untuk itu," katanya.

Dengan adanya kegiatan seminar dan "work Shop" yang digelar secara berkala minimal setiap setahun dua kali tersebut diharapkannya kemampuan para guru semakin meningkat dan merata.

Ia mengatakan, kegiatan itu bisa digelar pada saat akhir tahun ajaran atau pertengahan semester agar tidak menggangu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Untuk penjadwalannya sudah kami pikirkan agar nanti tidak mengganggu kegiatan mengajar di sekolah masing-masing, kami yakin dengan adanya kegiatan tersebut kemampuan dan keterampilan para guru akan semakin meningkat sehingga akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan di daerah," katanya.

Selain seminar dan "work shop", katanya, PGRI Kabupaten Bangka Barat juga sudah menyusun beberapa kegiatan lain yang diharapkan bisa difasilitasi pemerintah seiring minimnya anggaran yang dimiliki organisasi tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015