Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan kegiatan bongkar muat sembako di daerah itu menjelang bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah berjalan lancar.

"Aktivitas bongkar muat sembako di Pelabuhan Tanjung Pandan jelang Ramadhan berjalan lancar dan tidak ada kendala," kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut KSOP Kelas IV Tanjung Pandan, Iswandi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, dalam satu minggu frekuensi kedatangan kapal kargo umum di pelabuhan Tanjung Pandan mencapai tiga sampai empat kapal dari pelabuhan asal Tanjung Priok dan Sunda Kelapa di Jakarta.

"Jumlah tersebut berasal dari empat operator kapal di luar dari kapal-kapal Pelra atau kapal jenis kayu yang rutenya dari pelabuhan Sunda Kalapa pulang-pergi (PP)," ujarnya.

Ia menambahkan, kondisi cuaca pelayaran juga masih dalam keadaan aman untuk dilayari sehingga tidak mengganggu jadwal keberangkatan kapal menuju pelabuhan tersebut.

"Jadi sampai sejauh ini tidak ada kelangkaan karena sejauh ini aktivitas bongkar muat baik yang dilakukan Pelindo dan perusahaan bongkar muat berjalan lancar," katanya.

Sedangkan untuk kapal penumpang, lanjut Iswandi, tetap beroperasi melayani rute Tanjung Pandan - Pangkal Balam sebanyak dua kali keberangkatan dalam seminggu.

"Karena masih situasi pandemi seperti ini kegiatan keluar masuk penumpang di pelabuhan juga dibatasi," ujar Iswandi.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021