Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membekali keterampilan budidaya ikan air tawar kepada para warga binaan Rumah Tahanan Mentok.

"Beberapa hari lalu kami sudah melakukan komunikasi dengan Kepala Rutan Mentok untuk membicarakan teknis rencana tersebut, kami berharap kegiatan ini bermanfaat untuk para warga binaan," kata Plt. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat Kamso di Mentok, Selasa.

Untuk menindaklanjuti kerja sama lintas instansi tersebut, DKP Kabupaten Bangka Barat sudah menyiapkan petugas penyuluh yang nantinya akan memberikan keterampilan dan pendampingan usaha budidaya perikanan air tawar di Rutan Mentok.

"Sebagai langkah awal kami siapkan petugas penyuluh, sedangkan untuk pemberian bantuan sarana dan prasarana budidaya belum bisa dilakukan karena terkendala aturan penyaluran bantuan," katanya.

DKP Kabupaten Bangka Barat juga sudah melakukan komunikasi dengan petugas Inspektorat terkait rencana pemberian bantuan tersebut dan disarankan untuk tetap mengikuti regulasi yang berlaku.

Sesuai regulasi, nanti kemungkinan di Rutan Mentok akan dibuat kelompok usaha budidaya perikanan dan tetap mengusulkan permohonan bantuan seperti kelompok lain agar bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Pada dasarnya kami siap membantu, toh sebagian warga binaan itu juga warga Bangka Barat yang butuh keterampilan yang bisa dijadikan modal setelah mereka selesai menjalani masa hukuman," katanya.

Untuk jenis budi daya perikanan air tawar yang disiapkan berupa keterampilan pembesaran lele yang dinilai paling mudah dan pangsa pasar masih cukup terbuka di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021