Seorang pesepakbola yang andal, tentu lahir dari didikan tangan dingin pelatihnya yang juga hebat. Untuk melahirkan pesepakbola yang andal ini, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menginisiasi dilaksanakannya Kursus Kepelatihan Sepak Bola di Bangka Belitung.

"Pesepakbola andal tentunya dihasilkan dari didikan, latihan, dan instruksi yang diberikan oleh pelatihnya," katanya saat mengunjungi arena pelatihan di Stadion Sepak Bola Depati Amir guna melihat secara langsung kursus kepelatihan yang melibatkan Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ada di Bangka Belitung. 

Gubernur juga berbincang dengan kepala pelatih atau instruktur yang sengaja didatangkan dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Pusat ini. 

Tak hanya itu, dirinya juga menyapa 21 pelatih yang sedang menjalankan pelatihan serta anak-anak yang menjadi obyek pelatihan. 

Erzaldi mengatakan, melalui olahraga sebagai wadah untuk membina generasi muda menjadi generasi yang kreatif, aktif, dan terdorong untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang positif. Sehingga menghindarkan mereka dari kegiatan yang negatif. 

"Terutama dalam cabang sepak bola ini, cabang ini menjadi favorit bagi masyarakat. Tugas kita mendorong dan memotivasi terkhusus pada pelatih-pelatih ini," ujarnya. 

Kursus pelatihan ini dilakukan agar para pelatih sepak bola di Bangka Belitung mendapat lisensi yang sesuai standar sehingga dapat melatih berdasarkan standar. Dengan demikian harapannya adalah, sepak bola Bangka Belitung semakin maju. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Hendri menjelaskan, Kursus Kepelatihan Sepak Bola ini dilaksanakan dari tanggal 4 hingga 10 April 2021, yang diikuti oleh 21 Pelatih dan Calon Pelatih Sepak Bola di Bangka Belitung. 

Setelah selesai mendapatkan kursus kepelatihan, mereka diharapkan dapat membina khususnya pesepakbola usia dini, dengan mendirikan dan meningkatkan SSB yang ada di daerah masing-masing. 

Selama dua bulan sekali nantinya mereka tetap akan mendapat pengawasan dan evaluasi. Dengan demikian diharapkan dapat memunculkan bibit pesepakbola andal Bangka Belitung, yang mampu bersaing di ajang nasional maupun internasional. 

Hendri yang juga sekaligus Pelatih SSB 89 Selindung ini mengucapkan terima kasihnya kepada Gubernur Babel atas penyelenggaraan kegiatan ini, karena menurutnya, tanpa dukungan gubernur, kegiatan ini tak akan terlaksana.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021