Jumlah kasus warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari Rabu (14/4) ini bertambah 16 menjadi 640 orang.

"Penambahan 16 kasus baru tersebut berasal dari empat kecamatan dan secara keseluruhan selama berlangsungnya pandemi COVID-19 jumlah warga yang terkonfirmasi positif sebanyak 640 orang," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, sebanyak 16 kasus baru yang dirilis hari ini berasal dari Kecamatan Jebus sebanyak 12 orang, Mentok dua orang, Simpangteritip satu orang dan dari Kecamatan Kelapa satu orang.

"Kasus-kasus baru ini berasal dari pengembangan kontak erat kasus sebelumnya dan sudah dilakukan pemeriksaan rapid antigen dengan hasil positif," ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya tambahan kasus baru tersebut, saat ini jumlah pasien yang masih menjalani masa karantina, proses isolasi dan perawatan sebanyak 169 orang yang berasal dari Kecamatan Mentok 22 orang, Simpangteritip 15 orang, Jebus 89 orang, Parittiga 16 orang, Kelapa tujuh orang dan Tempilang 20 orang.

Dari keseluruhan jumlah kasus sebanyak 640 orang selama pandemi, sebanyak 461 di antaranya dinyatakan sudah sembuh atau selesai menjalani karantina. Sedangkan jumlah kasus meninggal dunia sebanyak 10 orang.

"Untuk hari ini terjadi penambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 12 orang, berasal dari Mentok empat orang, Jebus dan Parittiga masing-masing satu orang dan dari Tempilang enam orang," katanya.

Dia mengimbau masyarakat selalu patuh protokol kesehatan yang berlaku, minimal menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, guna mengurangi risiko penularan virus tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021