Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi mengatakan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) tatap muka bagi siswa tingkat akhir Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga hari ini berjalan dengan lancar. 

"Pelaksanaan US ini berlangsung pada 19 hingga 23 April 2021 secara tatap muka. Ini hari ketiga Alhamdulillah berjalan lancar, anak-anak cukup antusias. Saat kita cek ke lapangan mereka sangat patuh baik datang maupun pulang sekolah, dengan menerapkan  protokol kesehatan," katanya di Pangkalpinang, Rabu. 

Eddy mengatakan, US ini dilaksanakan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran daring. Sedangkan untuk siswa SMP kelas 9, US ini sebagai salah satu dasar pertimbangan kelulusan. 

"Untuk Ujian Nasional (UN) tingkat SMP tahun 2021 ini kan ditiadakan, ini salah satu dasar pertimbangan kelulusan siswa. US ini bukan penganulir kelulusan, namun komponen nilai kelulusan sekolah," ujarnya. 

Ia mengatakan, US ini untuk mengukur parameter dan mengevaluasi keseluruhan hasil pembelajaran siswa selama di sekolah. 

"Kelulusan merangkum berdasarkan portofolio, ulangan harian, pembelajaran daring, evaluasi daring dan sebagainya," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021