Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, akan mengusulkan penambahan anggaran pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan digelar Desember 2015 melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah kabupaten.

"Ada beberapa kegiatan yang wajib dilaksanakan olah KPU kabupaten, namun belum masuk dalam APBD Kabupaten 2015, jadi kemungkinan besar kami akan mengusulkan penambahan tahun ini," ujar Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat Martono di Muntok, Kamis.

Ia menerangkan beberapa kegiatan yang harus didanai daerah namum belum masuk dalam rencana penganggaran, seperti debat publik pasangan calon, penyebaran bahan kampanye, dan pemasangan alat peraga.

Martono menambahkan, untuk rincian jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk tiga kegiatan penting tersebut pihaknya belum melakukan kalkulasi sehingga belum tahu secara pasti.

"Untuk iklan melalui media massa, logistik, sosialisi pilkada dan berbagai tahapan lain sudah kami anggarkan dan sudah disetujui dalam APBD Kabupaten 2015," kata dia.

Ia mengatakan, anggaran yang sudah disiapkan pemerintah daerah untuk pelaksanaan Pilkada 2015 sebesar Rp11,5 miliar.

"Namun anggaran tersebut masih bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan, dan secara lisan pemerintah daerah dan DPRD kabupaten sudah berkomitmen untuk menyukseskan Pilkada 2015, jadi kami tidak khawatir akan kekurangan anggaran," katanya.

Terkait dengan rencana pelaksanaan debat publik pasangan calon, kata dia, direncanakan program itu bisa direalisasikan di tiga daerah pemilihan agar para calon bisa lebih dikenal masyarakat.

"Kami sedang merencanakan nanti bisa dilaksanakan di tiga dapil atau tiga kecamatan agar masyarakat bisa menilai kualitas dan visi misi para calon pemimpin mereka selama lima tahun ke depan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015