Satuan Tugas Angkutan Laut di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menemukan dua calon penumpang dengan dokumen surat hasil tes antigen positif COVID-19.

"Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan Satgas COVID-19 Provinsi Babel untuk penanganan lebih lanjut terhadap dua orang calon penumpang berdokumen surat keterangan kesehatan yang menunjukkan hasil positif COVID-19 tersebut," kata koordinator Satgas Angkutan Laut Pelabuhan Tanjungkalian, Kapten Laut Yuli Prabowo di Mentok, Kamis.

Ia menjelaskan dua calon penumpang kapal itu masing-masing berinisial laki-laki SN (48) dan perempuan HY (46) warga Provinsi Jawa Tengah.

"Saat tiba di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok dan dilakukan pemeriksaan dokumen perjalanan, mereka kami temukan memiliki hasil tes antigen positif yang dikeluarkan oleh RS Bakti Timah Mentok," katanya.

Dua calon penumpang tersebut rencananya akan menyeberang menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Tanjungkalian menuju Pelabuhan Tanjungapiapi, Sumatera Selatan.

"Mereka tidak kami izinkan menyeberang karena dokumen hasil pemeriksaan antigen menunjukkan hasil positif COVID-19," katanya.

Selanjutnya dua calon penumpang itu diminta tinggal di ruangan khusus atau ruang isolasi sementara agar tidak berkeliaran di kawasan pelabuhan.

"Kami sudah melakukan edukasi kepada dua calon penumpang itu agar tidak menyeberang ke Sumatera dan berkoordinasi dengan RS Bakti Timah Mentok untuk memastikan keaslian surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan itu," katanya.

Untuk penanganan selanjutnya, Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Barat akan melakukan tes PCR terhadap dua orang tersebut di Puskesmas Mentok.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan dan tidak memaksakan diri untuk melakukan perjalanan ke luar daerah guna membantu pengendalian penyebaran virus yang akhir-akhir ini terus meningkat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021