Satuan Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari ini menyampaikan terjadi penambahan 21 kasus baru dan satu orang yang sebelumnya dinyatakan positif virus corona jenis baru meninggal dunia.

"Sebanyak 21 kasus baru yang kami rilis hari ini berasal dari lima kecamatan dan satu orang yang meninggal dunia berasal dari Kecamatan Tempilang yang sudah dimakamkan dengan tata cara pemakaman jenazah COVID-19 tadi pagi," kata Juru Bicara Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Ia menjelaskan, satu orang pasien yang meninggal dunia tersebut berinisial tuan Sp (52) warga Desa Buyan Kelumbi, Tempilang yang meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD Depati Bahrain, Sungailiat, Bangka.

"Almarhum diketahui memiliki penyakit penyerta dan sudah dilakukan pemeriksaan menggunakan tes cepat molekuler (TCM) dengan hasil positif," katanya.

Pemakaman jenazah dilakukan Tim Satgas yang dipimpin Komandan Pos Pengamatan TNI AL Tempilang sesuai protokol kesehatan pemakaman jenazah COVID-19 di permakaman umum Buyan Kelumbi, Tempilang.

Selain penambahan kasus meninggal dunia yang saat ini secara keseluruhan menjadi 22 kasus selama berlangsungnya pandemi COVID-19, Satgas juga menyampaikan terjadinya 21 kasus baru.

Sebanyak 21 kasus baru tersebut berasal dari Mentok tiga orang, Simpangteritip tujuh orang, Parittiga dua orang, Kelapa tiga orang dan Tempilang enam orang.

"Kasus-kasus baru itu berasal dari hasil pemeriksaan terhadap para warga yang sebelumnya memiliki riwayat kontak erat dengan pasien dan sudah dilakukan pemeriksaan rapid tes antigen dengan hasil positif," katanya.

Ia mengimbau warga tetap patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan karena sampai saat ini jumlah kasus aktif masih cukup tinggi.

Jumlah seluruh kasus warga positif COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat selama pandemi berlangsung ditemukan sebanyak 1.339 kasus, 22 orang diantaranya meninggal dunia, 987 orang dinyatakan sembuh dan 330 orang masih menjalani isolasi, karantina dan perawatan.

"Hari ini juga terjadi penambahan pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai isolasi sebanyak enam orang, masing-masing tiga orang dari Kecamatan Mentok dan Jebus," kata Putra.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021