Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Komando Distrik Militer (Kodim) 0413 Bangka menandatangani kesepakatan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan melalui perluasan areal persawahan.

Bupati Bangka, Tarmizi Saat di Sungailiat, Selasa, mengatakan kesepakatan ini penting dilakukan dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Presiden terkait dana bergulir sebesar Rp16 miliar untuk perluasan persawahan dan pembangunan sejumlah irigasi.

"Kita mempunyai tanggung jawab besar untuk merealisasikan instruksi tersebut dan dengan kesiapan pihak Kodim 0413 saya optimistis realisasi perluasan sawah yang direncanakan mencapai 300 hektar lebih dapat terwujud," kata bupati.

Dia minta seluruh kepala desa agar menudukung program ini dan bersedia sebagian wilayahnya dijadikan lahan persawahan dan sarana irigasi.

"Tidak hanya perluasan persawahan yang akan dilakukan tetapi juga membangun sarana irigasi sehingga pengolahan sawah nantinya dapat berjalan maksimal," katanya.

Percepatan perluasan persawahan dan irigasi, kata bupati, merupakan program jangka pendek agar ke depannya secara bertahap daerah itu dapat memenuhi kebutuhan beras sendiri.

Sementara Perwira Penghubung Kodim 0413, Mayor Inf Ruhin mengatakan kesepakatan ini diawali dengan penandatanganan kerja sama dengan tujuan meningkatkan ketahanan pangan.

"Kita punya wilayah yang luas, daratan yang luas, kaya raya, maka bisa kita mewujudkan ketahanan pangan dengan baik," katanya.

Dengan adanya persediaan pangan yang cukup, kata dia, ke depannya masyarakat di daerah itu menggantungkan kebutuhan beras atau pangan pasokan dari Pulau Bangka.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015