Sejumlah objek wisata di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tutup pada hari pertama Idul Fitri 1442 Hijriah guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19.

"Untuk hari pertama lebaran objek wisata kami tutup," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Belitung, Hermanto di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, sejumlah objek wisata di daerah itu akan dibuka kembali pada hari kedua Idul Fitri 1442 Hijriah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Hermanto menambahkan, guna mengantisipasi terjadinya kerumunan jumlah pengunjung juga dibatasi setengah dari kapasitas maksimal suatu destinasi wisata.

"Jadi pada hari kedua lebaran dan seterusnya objek wisata di Belitung kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Dikatakan dia, selain itu posko pelayanan dan pengamanan juga telah didirikan oleh Kepolisian setempat dalam menegakkan protokol kesehatan dan memberikan jaminan rasa aman kepada pengunjung.

"Di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam dan pantai Tanjung Kelayang sudah dibentuk posko terpadu oleh Polres Belitung," katanya.

Ia berharap, para pengunjung dan wisatawan dapat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan ketika berwisata sehingga tercipta rasa aman dari penyebaran COVID-19.

"Kami juga telah menyediakan fasilitas cuci tangan dan protokol kesehatan di objek wisata kami harapkan masyarakat disiplin dalam menjalankan prokes," kata Hermanto.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021