Polisi Resor Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, memperketat pemeriksaan terhadap kendaraan yang melintas di posko pengamanan Operasi Ketupat Menumbing 2021 untuk mencegah warga mudik Lebaran.

"Kami sudah lakukan pola penyekatan terhadap kendaraan yang melewati posko agar tidak melanjutkan perjalanan, kemudian mengimbau mereka untuk putar balik arah," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Aan Hadi Nugroho di Mentok, Ahad.

Pengetatan pemeriksaan di setiap posko pengamanan Operasi Ketupat tersebut, kata dia, guna mencegah masyarakat melakukan perjalanan mudik keluar daerah yang dikhawatirkan bakal menjadi salah satu penyebab lonjakan angka kasus COVID-19.

"Larangan mudik sudah cukup jelas disampaikan oleh Pemerintah, kami minta masyarakat menahan diri untuk tidak mudik Lebaran 2021," katanya.

Ha ini disampaikan Kompol Aan setelah melakukan pengecekan pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing 2021 di posko pengamanan terpadu di Air Belo, Mentok.

Pengecekan posko meliputi kebersihan pos, kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, sikap tampang anggota, dan pelaksanaan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas.

"Operasi Ketupat ini juga sebagai upaya kepolisian membantu dan mendukung kebijakan pemerintah dalam pelarangan mudik," katanya.

Pada operasi kali ini, Polres Bangka Barat mengingatkan kepada personel yang terlibat tetap mengutamakan tindakan persuasif humanis.

"Kami selalu ingatkan seluruh personel agar mengutamakan penyampaian edukasi kepada warga agar menaati instruksi pemerintah terkait dengan kebijakan larangan mudik dan tetap patuh pada protokol kesehatan mencegah COVID-19," katanya.

Pada Operasi Ketupat Menumbing 2021, Polres Bangka Barat mengerahkan 200 personel didukung 100 personel pendukung dari unsur TNI, satpol PP, dinas kesehatan, dinas perhubungan, sentra komunikasi, Pramuka, dan instansi terkait lainnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021