Sebanyak 1.167 pasien dari jumlah keseluruhan 1.533 kasus warga yang terpapar COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinyatakan sembuh dari paparan virus corona jenis baru.

"Meskipun sudah dinyatakan sembuh, namun kami berharap mereka tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan tetap memakai masker saat beraktivitas di luar rumah," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Selain tingginya tingkat kesembuhan pasien yang terjadi beberapa hari terakhir, kata dia, jumlah kasus yang terjadi dalam dua hari ini juga termasuk sedikit, yaitu pada Rabu (12/5) enam kasus dan Kamis (13/5) satu kasus baru.

"Dengan keberhasilan dalam menekan jumlah penularan virus, saat ini Bangka Barat sudah turun ke zona oranye atau tingkat penyebaran risiko sedang," katanya.

Ia menjelaskan, jumlah keseluruhan kasus yang terjadi selama pandemi COVID-19 berlangsung sebanyak 1.533 kasus yang terjadi di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

Dari total 1.533 kasus tersebut sebanyak 22 orang meninggal dunia dan berdasarkan rekam medis yang dilakukan terhadap seluruh pasien meninggal dunia tersebut masuk kategori lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta.

Saat ini para petugas masih melakukan penelusuran dan pemeriksaan terhadap warga yang memiliki riwayat kontak erat dengan para pasien sebagai upaya pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran virus.

"Untuk jumlah pasien yang masih dirawat, diisolasi dan karantina sebanyak 344 orang, sebagian besar melakukan isolasi mandiri," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021