Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh hari ini bertambah 45 orang sehingga secara keseluruhan selama pandemi berlangsung menjadi 1.213 orang.

"Penambahan jumlah pasien sembuh atau selesai isolasi terjadi di tiga kecamatan, yaitu Mentok 27 orang, Simpangteritip dua orang dan 16 orang warga Tempilang," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan, selama pandemi COVID-19 berlangsung, di daerah tu ditemukan sebanyak 1.570 kasus, 22 orang diantaranya meninggal dunia, 1.213 dinyatakan sembuh dan 335 pasien masih wajib menjalani masa isolasi, karantina dan perawatan oleh tim kesehatan.

"Untuk hari ini juga terjadi penambahan kasus baru warga yang terpapar COVID-19, sebanyak empat orang di Kecamatan Mentok," ujarnya.

Menurut dia, penambahan kasus baru tersebut merupakan hasil pengembangan terhadap kasus-kasus sebelumnya dan sudah dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan rapid test antigen.

"Kami akan terus melakukan penelusuran dan pemeriksaan sebagai deteksi dini agar tidak semakin menyebar secara masif," katanya.

Selain itu, para tim gabungan dibantu para petugas yang sudah terbentuk di seluruh kecamatan juga akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan kepada warga.

Penerapan protokol kesehatan secara disiplin, minimal memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan menjaga jarak diyakini akan mampu meminimalkan potensi penularan virus.

"Rasa tanggung jawab pada diri sendiri untuk selalu memakai masker perlu terus ditingkatkan dan semangat gotong royong untuk bersama-sama mematuhi protokol penting dilakukan agar bisa mengendalikan penularan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021