Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada 2022 akan memfokuskan pengoptimalan pelayanan berbasis informasi teknologi (IT).

"Kemajuan digital teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat membuat segala hal terasa semakin mudah dan dunia dalam genggaman," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro saat memberikan sambutan dalam acara Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Vocational School Graduate Academy (VSGA), Senin.

Ia berharap melalui bimbingan ini peserta dapat memperoleh keterampilan dan keahlian dengan sertifikat terstandar sehingga mampu bersaing dalam dunia pekerjaan.

Sementara Kepala BPSDMP Kominfo Jakarta, Parulian Sitompul menjelaskan bahwa program digital talent scholarship (DTS) yang dilaksanakan selama lima hari ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) bidang informatika dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi dimana seluruh pelayanan sudah menggunakan teknologi informatika. 

"Ini merupakan upaya kami dalam mencoba mempersiapkan sumber daya manusia untuk difungsikan dan dimanfaatkan oleh pemerintah kota," ujar Parulian. 

Pelatihan berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) yang diikuti oleh 60 peserta  disebutkan Parulian terbagi menjadi tiga skema diantaranya Junior Network, Junior web Developer, dan Junior Graphic Desainer. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, Sarbini mengharapkan dengan adanya pelatihan ini mampu menciptakan SDM bidang informatika sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik sehingga pelayanan administrasi pemerintahan dan pelayan publik semakin murah, mudah, dan cepat.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021